Adhe Ochin

Adhe Ochin
I make more friends is fun =) . they call me oshin. oshin is a nickname I was born. My favorit food is Shahe and Sorabi duren.
Diberdayakan oleh Blogger.

lagu ochin

visitors

free counters

Total Kunjungan

Selasa, 10 April 2012

Penemuan 4 planet baru di awal tahun 2012


Penemuan 4 planet baru  yang berada di luar tata surya kita telah turut memeriahkan semaraknya  penyambutan tahun baru 2012. Beberapa hari lalu, para ahli perbintangan dari Harvard-Smithsonian center for Astrophysics menemukan empat planet baru yang dikenal sebagai EXOPLANET yang semakin menambah panjang daftar penemuan planet-planet yang berada di luar tata surya kita.
Pemimpin studi Guillem Anglada-Escude, mengatakan “Planet ini adalah kandidat terbaik baru untuk mendukung air mencair dan, mungkin, kehidupan seperti yang kita kenal“.
Planet baru ini mampu menyerap cahaya kira-kira sama dengan jumlah yang diserap planet kita. Planet ini berbatu dan mengorbit mataharinya di dalam ‘zona layak huni‘, di mana suhu tepat untuk air mencair di permukaan planet ini.

Ke empat Exoplanet tersebut diberi nama HAT-P-34b,HAT-P-35b, HAT-P-36b, dan HAT-P-37b yang masing-masing memiliki waktu orbit 5,5 hari, 3,6 hari, 1,3 hari, dan 2,8 hari. Di lihat dari lamanya planet tersebut mengorbit dapat disimpulkan bahwa Ke empat planet tersebut seluruhnya memiliki lingkaran orbit yang sangat kecil. Seperti telah diketahui bersama, setiap planet mempunyai obligasi untuk mengorbit bintangnya masing-masing. Seperti bumi mengorbit matahari.



Penemuan 4 planet baru ini masih tidak dapat mengindikasikan adanya planet lain yang seperti bumi kita. Sehingga pertanyaan tentang kemungkinan adanya makhluk hidup lain di luar angkasa masih belum bisa di jawab. Exoplanet ini, sebagian besar merupakan  sebentuk massa gas raksasa yang mengorbit sangat dekat pada bintangnya, bahkan ada yang lebih dekat dari jarak Mercurius ke Matahari. Dengan begitu bisa di perkirakan bahwa suhunya lebih panas dari Bumi sehingga tidak mungkin ada makhluk hidup yang dapat tinggal di sana.

Pada akhir 2011, terdapat total 716 planet yang telah dikonfirmasi sebagai exoplanet, dan 2.326 planet yang masih berupa kandidat exoplanet. Planet-planet tersebut ditemukan oleh teleskop yang mengorbit di luar angkasa seperti Kepler, serta pusat pengamatan antariksa di Bumi yang dikenal dengan jaringan teleskop yang dioperasikan oleh para astronom dariHarvard-Smithsonian Center for Astrophysics. Jaringan teleskop tersebut, dikenal dengan nama HATNet project, adalah yang pertama kali menemukan exoplanet HAT-P-1b, pada 2006 silam.

Dengan adanya penemuan 4 planet baru (exoplanet) ini di harapkan akan semakin mencerahkan aktivitas para astronom di bumi dan menambah semangat mereka untuk terus menerus berusaha tanpa kenal lelah untuk mencari kemungkinan adanya kehidupan lain di luar planet bumi kita yang semakin menua.

separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Arsip

Entri Populer

BUKU TAMU

Twitter Me